Breaking News

Update

Kamis, 02 November 2017

Istilah marketting mix By Ippho santosa


istilah marketting mix
Sumbergambar:https://www.professionalacademy.com/media/images-news/marketing_mix.png


Dalam marketing, kita mengenal istilah 4P. Masih ingat? Product, Price, Place, dan Promotion.

Dalam bisnis, kita juga harus memperhatikan 4P yang terdiri dari Praising, Planet, People, dan Profit. Praising itu ingat Allah. Planet itu ingat lingkungan. People itu ingat karyawan, pelanggan, dan masyarakat. Profit? Jelas, ini soal laba.

Kali ini Joger yang kita jadikan pokok bahasan.

Nama Joger berasal dari singkatan, di mana suku kata "Jo" dari nama pendirinya yaitu Joseph dan suku kata "Ger" dari nama temannya yaitu Gerhard Seeger. Soalnya, Gerhard Seeger adalah satu sumber dana pendirian toko Joger awal-awal.

Happiness-oriented, ini adalah falsafah yang ia anut dan ia terapkan. Salah satunya, jam kerja yang manusiawi di tokonya, yakni mulai pukul 10.00 (pagi) hingga pukul 18.00 (sore). Saya pernah bertemu beliau belasan tahun yang lalu. Memang nyentrik orangnya.

Adapun motto hidupnya. "Lebih baik sedikit tapi cukup, daripada banyak tapi kurang." Dia sama sekali tidak tertarik untuk bersikap ekspansif besar-besaran pada bisnis kaosnya.

Selain bidang bisnis, Joseph juga aktif di bidang sosial dengan mendirikan Garing, yayasan yang menyantuni orang-orang yang belum mampu makan tiga piring nasi dalam sehari. Ya, Joger memperhatikan People. Bukan sekadar Profit.

Demikian pula madu dan propolis dari Bridlington, Inggris, yang turut memperhatikan masyarakat di sekitarnya, bukan karyawan dan konsumen belaka. Ini contoh yang bagus buat kita.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan sebagai pemain UKM? Berdayakan keluarga kita dan tetangga kita. Jangan sampai merusak alam apalagi kalau berdampak permanen. Jangan sampai menutup jalan dan trotoar saat berjualan. Jangan sampai menekan supplier walaupun kita berkesempatan untuk itu.

Inilah yang namanya shared values. Insya Allah, dengan begini bisnis kita bisa bertahan lama. Survive and sustain. Satu hal lagi, mudah-mudahan juga lebih berkah. Sekian dari saya, Ippho Santosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By