Breaking News

Update

Kamis, 02 November 2017

Kurang bersemangat? Kurang termotivasi?


Kurang termotivasi?
Sumbergambar:http://www.jokosusilo.com/wp-content/uploads/2009/11/Kata-Mutiara-Motivasi.jpg


Bagaimana caranya agar semangat kerja atau motivasi kerja kembali pulih?

Pertama, coba ingat-ingat kembali alasan (reason) Anda bekerja atau berbisnis. Demi keluarga. Demi anak. Demi impian tertentu. Demi target tertentu. Atau karena yang lainnya. Jangan pernah melupakan reason ini.

Seiring bergulirnya waktu, tujuan awal ini bisa bergeser bahkan lengser. Anda perlu menemukan kembali niat Anda secara jelas dan tuntas. Setelah niat atau tujuan ini diluruskan, maka langkah akan lebih terarah dan tidak salah-salah.

Kedua, atur kembali kegiatan dalam kerja dan bisnis Anda. Ketika Anda berusaha untuk fokus, mungkin Anda merasa kegiatan Anda sehari-hari begitu monoton dan hasilnya kurang-lebih sama saja. Bila demikian, maka ubahlah. Maksudnya ubah apa-apa yang bisa.

Mengubah beberapa hal bukan berarti keluar jalur. Seringkali, melakukan hal berbeda tersebut justru meningkatkan kinerja. Contohnya, Anda biasa naik motor ke kantor, lalu ganti dengan naik bis. Anda biasa sarapan di kantin kantor, lalu ganti dengan sarapan di rumah.

Ketiga, tetaplah berpikir positif. Membayangkan hal-hal negatif akan membuat Anda merasa terjebak di satu pojok dan tidak bergerak ke mana-mana. Serasa powerless. Seringkali, itu membuat kita cepat lelah dan gerah.

Be positive. Boss yang galak, anggaplah itu sarana untuk mendisiplinkan diri. Jalanan yang macet, anggaplah itu motivasi untuk bangun dan ready lebih awal. Tim yang ceroboh, jadikan itu sarana untuk intens berkoordinasi.

Siap? Sekian dari saya, Ippho Santosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By