Breaking News

Update

Kamis, 03 November 2016

Fakta Unik MotoGP, Ridernya Saja Sampai berkeringat 2 Liter/balapan!!




Melaju dengan kecepatan tinggi dan mempertaruhkan nyawa memang bagia yang tidak bisa dipisahkan dari balapan, termasuk MotoGP. kali ini di lansir telegraph, Pebalap inggirs Brade smith buka bukaan soal 10 fakta unik tentang atlet Moto GP yang jarang di ketauhi.

1. Pebalap berada di luar negri hampir setengah tahun lebih tiap musimnya.


Musim moto gp biasanya berlangsung selama kurang lebih sembilan bulan, daari maret hingga november jadi memang tidak ada waktu untuk istirahat buat mereka. mereka bisa berada di luar negri hingga 180 hari tiap tahunya. smith mengaku bahwa tempat yang menurutnya paling ok adalah kuala lumpur, Malasya dan dekat dengan gedung kembar, petronas.

2. Pebalap Moto GP rata-rata bisa melaju hingga 100mph atau 160km/jam setiap kali balapan.

Motor biasanya memiliki 250 kali kekuatan kuda, yang mana lebih cepat daripada mobil. Namun karena hanya memiliki 2 roda saja membuat motor beresiko untuk jatuh bila di pacu lebih kencang. smith mengatakan bahwa pebalap hanya membutuhkan waktu 2,6 detik saja dari 0-97km/jam. jika ditambah dengan latihan dan sesi kuaifikasi, pebalap bisa menempuh hingga 350km. itu berarti sekitar 6.440km setahun.

3. Detak jantung pebalap bisa sampai 190 detak/menit.

Detak jantung pembalap saat balapan bisa mencapai 190 detak/menit, padahal rata-rata detak jantung orang normal sekitar 70 detak/menit. Valentino Rosii dikenal sebagai pebalap yang bisa mengontrol detak jantungnya bisa tetap di bawah 100 detak/menit. hal ini dikatakan oleh dokter claudio costa, dokter asal itay yang menghabiskan waktunya selama 30 tahun di area balap bahwa detak  jantung vale tiap menitnya sangat pelan seperti anak kecil yang sedang bermain.

4. Satu pebalap bisa mengahabiskan 2 liter keringat setiap kali balapan

Pengamat balapn menilai bahwa kombinasi dari kerja otak dan fisik membuat cabang olahraga ini lebih melelahkan daripada cabang olahraga lainya. lebih lebih jika sirkuit balapan di daerah panas seperti Mlasya atau Jepang yang mempunyai tingkat kelembaban hingga 70. bisanya akan menambah beban strees pebalap.
Dehidrasi juga bisa menyebabkan respon jadi lambat, ling-lung sehingga laju balap dan helm di rancang memiliki ventilasi agar pebalap tidak cepat kehilangan cairan tubuh. baju balap juga di rancang agar bisa membawa botol minuman yang disambungkan ke helm agar bisa diminum saat balapan.

5. Kemampuan otak pembalap

Dua bagian otak bepalap yang berkembang dengan baik adalah bagian visual korteks ( bagian yang menafsirkan informasi seperti persepsi gerak dan jarak), dan otak kecil ( bagian vital untuk kordinasi, keseimbangan, presepsi)

Wah tenyata banyak juga ya fakta unik MotoGP  yang baru kita ketauhi. Kita sebagai penonton pasti donk bakalan kurang puas kalau enggak melihat langsung gimana sih aksi pebalap di arena balap. Nah, ada kabar gembira karena kesempatan nonton Moto GP tahun 2018 bisa langsung di negara kita yaitu negara tercinta Indonesia, yang rencananya di adakan di kota palangkaraya dan saat ini masih tahap pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By