Breaking News

Update

Sabtu, 24 September 2016

Cara Menanam Jambu Air Sugar Rose Di indonesia

Cara Menanam Jambu Air Sugar Rose Di indonesia
Jambu ini sangat istimewa. manis rasanya dan kandungan air nya banyak. konon pada jaman dulu jambu ini kesukaan para bangsawan loh....

Nama ilmiah : Sizgyeum aqueum
Daerah asal : asia tenggara
iklim tumbuh : dataran rendah sampai tinggi
Kebutuhan sinar matahari : sepanjang hari
berbuah : dalam waktu 1-2 tahun
penyiraman : 2x sehari
Pemupukan : sebulan sekali pakai pupuk NPK
Media tanam : tanah dan humus
Minan bibitnya ? Beli disini

Agar jambu air Sugar Rose cepet berbuah dan buahnya manis dan lebat ada beberapa faktor yang mempengaruhi dan bisa di kategorikan 2 macam faktor : yakni faktor external dan internal.

Faktor external meliputi :


  • Iklim/cuaca/musim, kondisi geografis tempat menanam buah jambu air, curah hujan angin dan sebagainya.
Faktor internal meliputi :

  • Perlakuan kita terhadap tanaman, termasuk di dalamnya adalah penyiraman, pemupukan, perontokan, penggemburan, penyiangan hama dan penyemprotan.
Untuk faktor external tentunya kita tidak perlu mengubahnya, tetapi menyikapi dengan sesuai dengan kondisi yang terjadi. dalam usaha agar buah jambu air bisa berbuah seperti yang diharapkan maka tidak lepas dengan proses awal yaitu menyiapkan bibit yang baik atau unggulan sampai ke tekhnik penanaman buah jambu air.

Berikutnya langsung saja akan membahas teknik atau cara agar buah jambu air cepat berbuah dan lebat :

Pemupukan jambu air


Pemupukan jambu air dilakuakan kurang lebih tiga bulan setelah masa tanam. setelah itu tiga bulan lagi di adakan pemupukan lagi dan seterusnya. pupuk yang digunakan seperti pupuk kandang kotoran kambing ditambah dengan TS sebanyak 100 gram. takaran ini di berikan 3 bulan sekali dan seterusnya dan takaran tadi hanya untuk satu pohon atau satu pot saja.

Penyiraman dan penggemburan media tanam


Penyiraman di saat musim kemarau sangat di perlukan. minimal sekali dalam sehari agar tanaman jambu air tidak dehidrasi. kemudian yang tidak kalah penting adalah usahakan air penyiraman menggenang 12 jam di dalam pot kalau air menggenang bisa menyebabkan membusuknya akar tanaman dan itu bisa fatal. sebaiknya menyiram jam 9 pagi dan jam 4 sore. kemudian masalah penggemburan menggunakan skop kecil. hati hati jangan sampai anda merusak akarnya. berikutnya adalah mengganti tanah tanaman setahun sekali sudah cukup cara ini berlaku untuk tabulampot saja kalau untuk di tanam di tanah langsung tidak perlu.

Mengurangi daun jambu air


Perontokan dilakukan setelah tanaman jambu airnya berumur 6-8 bulan. setelah pemupukan awal. cara perontokan ialah dengan membuang daun yang disisakan hanya 4 lembar saja yang berada di pucuk pucuknya. pekerjaan ini dilakukan pada saat kondisi tanaman sedang sehat dan subur. jika panas sekali prontokan sebaiknya di tunda. perontokan ini berfungsi untuk merangsang pohon jambu berbuah.

Penyemprotan ZPT


ZPT adalah zat pengatur tumbuh. penyemprotan ini dilakukan setelah tanamanya kuat dan sehat. bila kelebihan dosis bahaya bisa fatal. penyemprotan ZPT dilakuakan setelah pemupukan lanjutan pertaman. saat penyemprotan sebaiknya dilakukan saat udara tidak panas. penyemprotan di lakukan 2 minggu sekali dengan takaran 1CC untuk 1-2 liter air.

Selamat mencoba, hiasi rumah anda dengan kebuh yaang indah nan hijau salam GO Green....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By