Breaking News

Update

Rabu, 21 September 2016

Cara menanam jeruk lemon



Yupppss. Foto di atas tanaman jeruk lemon saya. Dan saya mendapatkan bibitnya beli secara online. Itu umur 1bulan sejak beli ya. Adaptasi dulu. Seperti biasa saya kasih media tanam campuran tanah dan pupuk kompos trubus dengan perbandinngan 1:1. Kalau lemon itu enak tanamanya gak ribet. Tidak seperti jeruk nagami yang dataranya minimal 500 mdpl. 

Pengalaman saya menanam jeruk nagami pertama kali hampir saja mati. Dedaunan rontok semua tak  tersisa. Gak ambil fikir saya diamkan saja dalam pot. Eh selama 3bulan muncul tunas baru. Padahal kalau di lihat daru batang utama mati total. Warna coklat kering gak ada hijaunya. Ciri tanaman masih hidup itu meskipun daun rontok semua tapi kalau batang utama kering 80% mati. Ajaibnya jeruk nagami saya hidup. 

Tanaman saya jerruk lemon sama jeruk nagami setiap 3 bulan sekali saya pupuk GANDASIL D. Fungsinya buat merangsang tumbuhnya daun. Kalau sudah berbuah atau sedang berbunga saya pakai pupuk GANDASIL B. itu saja saran saya. 

Oh ya hampir lupa. Kalau tanaman anda sudah 1 tahun gantilah media tanam yang baru. Dan setiap 3bulan gemburkan tanah denngan scoop kecil. Biar tanaman subur. Ini aturan berlaku buat tabulampot. Kalau di tanam di tanah cukup lakukan pembersihan hama saja atau dengan penggemburan otomatis hama akan mati. Dan nutrisi tanaman maksimal di serap.  Itu saja sharing saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By