Breaking News

Update

Selasa, 13 September 2016

Lima Prinsip Sang Raja Investasi


prinsip sang raja investasi

  • Mengeluarkan uang dengan baik
  • Simpanlah untuk hal - hal yang tak terduga
  • Berpikir jangka panjang
  • Batasi apa yang kita pinjam
  • Menjaga gaya hidup sederhana
Tidak di ragukan lagi, Warren Buffet adalah seorang maestro dalam urusan memanfaatkan uang. langkah investasinya begitu jitu. kemampuanya dalam mengolah perusahaan juga sulit tertandingi. dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia sekaligus individu paling hebat dalam mengelola finansial.

Buffet berhasil menumpuk kekayaan dengan pendapatan bersih sekitar 44 milliar dollar AS perbulan. itu semua tidak lain karena kecerdikanya berinvestasi melalui perusahaan Berkshire Hathaway. di perusahaan itu, dia memiliki saham sebesar 38 persen. pria kelahiran 30 Agustus 1930 ini selalu menempati urutan teratas dalam daftar milliader paling terkaya di dunia.
Meski begitu, Buffet juga manusia biasa. dia pernah mengalami masa masa ketika kondisi finansialnya pas pasan. bedanya, pria berjulukan Oracle Of Ohama ini selalu bijak kawan dalam menjalani berbagai hal yang berkaitan dengan uang. ada delapan hal terkait trik money saving  yang selalu di pegang teguh Buffet.

PERTAMA . pikirkan, renungkan, dan tunggu momentum terbaik ketika hendak berbelanja. pertimbangkan penting atau tidaknya sesuatu yang ingin kita beli. apakah kita benar membutuhkanya? apakah barang itu akan mendukung hidup kita?
Buffet memberi satu petunjuk mengenai harus atau tidaknya  seseorang belanja. Misalnya. kita mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.500.000 untuk memebeli peralatan elektronik rumah tangga. dalam 40 tahun kedepan, bisa jadi barang itu sudah tidak ada lagi. lain cerita kalo uang sebesar itu kita investasikan dalam bentuk deposito atau tabungan emas. jumlahnya pada beberapa waktu kemudian tentu berpotensi akan bertambah menjadi berpuluh - puluh kali lipat dari sekedar Rp. 7.500.000.
Buffet tidak pernah menganggap HARAM kebiasaan seseorang belanja. tapi di satu sisi, dia hanya menyarankan adanya pemikiran lain terkait jatah uang belanja yang kita miliki. menururtnya, tidak ada salahnya kalau uang yang hendak kita belanjakan itu dialihkan untuk berinvestasi.

KEDUA. Dalam hidup ini, banyak hal yang terjadi secara tiba-tiba. Misalnya, kita mendadak harus mendapatkan perawatan  dengan biaya mahal di rumah sakit, rumah kita mengalami kerusakan karena bencana, atau barang baranng pribadi kita seperti ponsel atau komputer mati total. sekilas, hal hal macam ini bisa di tangan dengan tabungan yang kita miliki. tetapi, kita tidak pernah sadar bahwa '' tabungan utama'' yang kita miliki seharusnya tidak diganggu gugat, kecuali untuk keperluan yang benar benar mendesak.
Buffet memandang kurang tepat kalau kita mengggunkan tabungan utama untuk memenuhi keperluan mendadak. dia menyarankan agar kita membuka tanungan yang lain atau ATM baru, yang bisa dinamai dengan TABUNGAN MENDESAK, misalnya. jumlah uang yang terkumpul di sana bisa kita kita gunakan membeli hal hal yang dibutuhkan dalam satu momen tak terduga. langkah ini sangat efektif dalam menjada '' kesehatan '' finansial kita.

KETIGA. kita tak hidup dalam satu tahun atau dua tahun saja. kita harus memikirkan kondisi keuangan hingga belasan tahun kedapan. untuk itu, tidak ada cara yang lebih efektif selain berinvestasi. Buffet mengakui bahwa hal ini tidak mudah dilakukan. butuh kesabaran dan ketekunan dalam melakukanya.
saat ini, sudah banyak cara investasi yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi keuangan yang kita miliki, dari mulai investaasi properti, emas, reksadana, tabungan dan deposito,obligasi,saham. pilihlah salah satu yang benar benar kita pahami dan yakini bisa membuat hidup kita '' aman '' di masa depan.

KEEMPAT. ketika membeli rumah atau mobil, bisa jadi perlu kita meminjam uang. Buffet menekankan bahwa terlalu banyak utang membatasi kesempatan untuk menghemat uang. Artinya, utang akan menghambat impian kita menjadi kaya raya dari sisi finansial. ingat, setiap pinjaman pasti disertai dengan bunga yang tidak sedikit.
Mulailah berfikir menghindari hutang hutang berbunga, seperti menyicil perlengkapan rumah ataupun kendaraan. kalau hal itu terkait utang itu tetap kita lakukan maka kita akan berhadapan dengan masalah yang datang dengan rutin. tanpa kita sadari problem yang satu itu akan menghambat stabilitas finansial yang kita miliki.

KELIMA. poin yang satu ini erat kaitanya dengan poin poin sebelumnya. ketika sudah sangat terbiasa dan menikmati gaya hidup sederhana, kita cenderung lebih muda melakukan hal hal penting secara finansial. kita tidak mudah tergoda memiliki mobil baru karena kendaraan yang kita miliki saat ini masih bagus, misalnya. kita juga bisa menggunakan dana yang kita punya untuk menambah investasi atau menyipanya di tabungan jangka panjang.

Itu aja kawan yang saya sampaikan di atas. semoga bermanfaat.kalo ini bermanfaat tolong share ya kawan pada teman teman kita. kalo ada pertanyaan comen aja di bawah kawan.

sumber : buku 50 kebijaksanaan tentang uang, BUDI SAFA AT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By